5 Tari Sakral Pulau Bali

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Menjadi salah satu pusat pariwisata tentunya membuat Bali kerap didatangi berbagai pengunjung dari banyak tempat. Bali tentunya memiliki berbagai daya tarik yang memukau sehingga banyak orang rela datang berbondong-bondong ke Bali untuk menghabiskan waktu luang mereka. Tak hanya terkenal akan keindahan alamnya, Bali juga terkenal akan kebudayaannya terlebih pada bidang tari. Yuk, simak beberapa tari sakral asal Bali berikut ini.

1. Tari Rejang

Tarian yang pertama yang merupakan salah satu tari sakral yang berasal dari Bali adalah tari Rejang. Tari Rejang ini merupakan tari sakral yang biasanya dilakukan sebagai persembahan dalam menyambut kedatangan para dewa dari khayangan ke bumi dengan tujuan sebagai wujud rasa syukur serta penghormatan kepada para dewa.

2. Tari Pendet

Tarian berikutnya yang juga tak kalah terkenal adalah tari Pendet. Tarian ini awalnya ditujukan sebagai bentuk rasa syukur atas turunnya dewa ke bumi, akan tetapi seiring berjalannya waktu tarian ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai hiburan karena kerap ditampilkan pada berbagai acara untuk menyambut tamu.

3. Baris

Tarian sakral selanjutnya adalah tari Baris. Tari Baris ini memiliki beberapa jenis, tetapi biasanya tarian ini ditarikan oleh 8 orang penari hingga 40 orang penari. Tarian ini biasa juga dikenal sebagai simbol ketangguhan prajurit Bali karena merupakan sebuah tarian perang yang menggambarkan sesosok pahlawan muda yang pergi ke medan perang.

4. Tari Barong

Tarian lainnya yang tak kalah terkenalnya di Bali karena merupakan salah satu tarian sakral adalah tari Barong. Tari Barong ini juga memiliki beberapa jenis varian, tetapi yang biasanya ditampilkan adalah tari Barong Ket. Tari ini biasanya ditarikan oleh dua orang penari laki-laki dimana wujud barong ket menyerupai singa dan melambangkan simbol kebaikan.

5. Sanghyang

Tari sakral yang terakhir adalah tari Sanghyang. Tarian ini tidak selalu dipentaskan, melainkan hanya saat-saat tertentu saja. tari ini dilakukan dengan tujuan untuk menolak bala dan wabah penyakit.Ciri khas dari tarian ini adalah biasanya para penari akan mengalami kesurupan saat menarikannya.

Baca Juga 5 Tari Terkenal Asal Bali

Itulah beberapa tarian sakral yang berasal dari Bali. Bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai Bali dan seputarnya atau ingin berkonsultasi mengenai liburan kalian, silahkan hubungi admin di sini ya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Related Posts