5 Tari Terkenal Asal Bali

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Bali kerap terpilih menjadi salah satu destinasi wisata oleh para tamu, baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang dari luar negeri. Tentunya para pengunjung ini datang ke Bali karena tempat dengan julukan pulau seribu pura ini memiliki banyak sekali daya tarik. Daya tarik bali tak hanya semata-mata datang dari keindahan alamnya melainkan juga dari kebudayaannya. Berikut merupakan 5 tari asal Bali yang terkenal.

1. Kecak

Tari pertama yang sudah sangat dikenal dan bahkan menjadi salah satu tarian ikonik dari Bali adalah tari kecak. Tari kecak ini menjadi sangat terkenal karena memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dimana jumlah penari yang digunakan cukup banyak, sekitar 50-150 orang pria yang duduk bersila membentuk sebuah lingkaran sambil mengucapkan kata “Cak, Cak, Cak”.

2. Tari Pendet

Tarian berikutnya yang juga tak kalah terkenal adalah tari Pendet. Tarian ini awalnya ditujukan sebagai bentuk rasa syukur atas turunnya dewa ke bumi, akan tetapi seiring berjalannya waktu tarian ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai hiburan karena kerap ditampilkan pada berbagai acara untuk menyambut tamu.

3. Tari Puspanjali

Selanjutnya ada tari Puspanjali. Tari puspanjali cukup terkenal di kalangan masyarakat Bali maupun para turis karena tarian ini merupakan salah satu tari kreasi yang biasanya ditampilkan pada berbagai acara untuk menyambut tamu. Untuk orang Bali sendiri tari ini cukup dikenal karena merupakan tari yang simple sehingga bagi yang baru belajar menari pasti akan diajari tarian ini terlebih dahulu.

4. Margapati

Tarian lainnya yang cukup terkenal adalah tari Margapati. Kata Margapati berasal dari kata marga yang berarti binatang dan pati yang memiliki raja, oleh karena itu tarian ini memperlihatkan gerak gerik seekor raja hutan. Tari Margapati ini merupakan tari tunggal yang memiliki fungsi sebagai hiburan sehingga kerap muncul diberbagai acara.

5. Tari Legong

Tarian yang terakhir adalah tari Legong. Tari Legong ini berasal dari kata leg yang berarti luwes dan gong yang memiliki arti gamelan sehingga tarian ini menampilkan Gerakan-gerakan yang cukup kompleks. Ciri khas tarian ini adalah terletak pada penarinya yang membawa kipas dan berusia 10-12 tahun.

Baca Juga 6 Tradisi Menarik di Bali

Itulah beberapa tarian terkenal yang berasal dari Bali. Bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai Bali dan seputarnya atau ingin berkonsultasi mengenai liburan kalian, silahkan hubungi admin di sini ya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Related Posts