6 Cara Ini Akan Membantumu Menghindari Mabuk Laut Saat Traveling

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Saat kita traveling ke suatu tempat yang aksesnya hanya bisa dijangkau dengan jalur laut, maka kemungkinan besar kita akan menggunakan kapal laut. Tidak jarang naik kapal laut menjadi momok para traveler yang sering mabuk laut.

Mabuk laut bisa dialami ketika otak menerima pesan yang membingungkan dari saraf telinga bagian dalam, mata, kulit, serta sensor otot dan sendi. Contohnya, ketika sedang berada di dalam kabin kapal yang sedang bergerak, telinga bagian dalam Anda merasakan gerakan gelombang, tapi mata Anda tidak melihat adanya pergerakan.

Mabuk laut saat traveling, membayangkannya saja membuat kita tidak nyaman, apalagi mengalaminya.

Untuk meminimalisir kemungkinan kamu mengalaminya, berikut Backpack Buddy sediakan 6 cara yang kamu bisa lakukan untuk menghindari mabuk laut saat traveling:

1. Makan secukupnya

(Makan secukupnya dan yang bernutrisi | Foto oleh Buenosia Carol dari Pexels)

Sebelum traveling menggunakan kapal laut, entah itu dekat ataupun jauh, usahakan perut tidak kosong ataupun tidak isi terlalu berlebihan. Makanlah makanan secukupnya agar perut tetap isi namun tidak berlebihan, makanan yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat, lemak yang rendah, dan protein. Pastikan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol, kafein, makanan berlemak, dan pedas.

2. Perbanyak minum air putih

(Perbanyak minum air putih | Foto oleh Buenosia Carol dari Pexels)

Mencukupi kebutuhan cairan adalah yang utama, baik itu untuk menghindari dehidrasi ataupun menghindari mabuk laut. Dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab munculnya mabuk laut. Dehidrasi dapat membuat kamu merasa pusing dan semakin bertambah parah apabila kondisi kapal tidak nyaman untuk kamu beristirahat.

3. Mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan

(Ilustrasi obat anti mabuk perjalanan | Foto oleh Alex Green dari Pexels)

Obat anti mabuk perjalanan dapat dicari di apotek terdekat. Cukup sampaikan bahwa kamu memerlukan obat anti mabuk perjalanan, maka akan diberikan. Jangan lupa untuk bertanya dosis yang sesuai untukmu dan pastikan tidak ada alergi terhadap obat tersebut yaa.

Baca juga Jangan Lupa 4 Hal Ini Untuk Jaga Kesehatan Saat Berwisata Di Musim Hujan

4. Pilih tempat yang minim guncangan

(Pilihlah kursi  bagian tengah yang minim guncangan | Foto oleh Cape Gazette)

Jika kamu sudah tahu bahwa kamu rentan mabuk laut, maka pilihlah tempat duduk yang minim guncangan seperti bagian tengah kapal.

5. Hindari main gadget atau membaca buku

(Hindari bermain gadget dan membaca buku saat di kapal | Foto oleh Beata Dudová dari Pexels)

Sama halnya dengan traveling dengan transportasi darat, membaca atau bermain gadget akan meningkatkan risiko mengalami mabuk laut. Benda statis seperti yang ditatap terlalu lama akan memicu munculnya mabuk laut.

Biasakan pandangan lebih sering mengarah ke benda yang bergerak aktif, seperti air laut, pergerakan awan, melihat orang yang berjalan-jalan, dan juga melakukan sesuatu yang aktif.

6. Cobalah sedikit berjalan-jalan dan peregangan

(Ilustrasi berjalan-jalan di kapal | Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Bila harus duduk selama berjam-jam, cobalah berjalan-jalan di kapal. Melakukan sedikit peregangan juga disarankan agar tubuh lebih rileks dan nyaman.

Jadi itu dia 6 cara yang teman-teman Backpack Buddy bisa lakukan agar terhindar dari mabuk laut. Jangan lupa diterapkan yaa, selamat berlayar kemanapun tanpa worry mabuk laut teman-teman Backpack Buddy.

Selain tidak perlu worry akan mabuk laut, teman-teman juga tidak perlu worry atau bingung-bingung saat menyusun rute wisata di Bali. Backpack Buddy siap menjadi teman konsultasi rute wisatamu, klik disini dan mulai konsultasikan rute wisatamu dengan kami.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Leave a Comment

Related Posts