6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Persiapan Fisik Sebelum Traveling

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Traveling bisa jadi kurang seru jika kamu lemas, mudah lelah atau sakit saat traveling. Beberapa hal berikut bisa mempersiapkan fisikmu.

Traveling seringkali memerlukan keadaan fisik yang prima agar lebih maksimal melakukan eksplorasi destinasi wisata yang ada. Keadaan fisik sebetulnya bisa dipersiapkan dari beberapa hari sebelum traveling.

Backpack Buddy punya nih beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam rangka persiapan fisik sebelum traveling:

1. Olahraga Ringan Dahulu, Traveling Jauh Kemudian

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Sedekat dan sesederhana apapun kamu bertraveling, tetap memerlukan stamina ekstra untuk menunjang kegiatan bersenang-senangmu. Nggak cuma soal banyak tempat yang harus dijelajah, tetapi juga adaptasi cuaca dan lingkungan. Untuk mempersiapkan diri, tidak ada salahnya kamu mulai banyak latihan fisik lewat olahraga. Mulai dari yang ringan saja, seperti membiasakan diri naik tangga saat ke kantor atau kampus, jogging 15-30 menit di pagi hari hingga berenang.

Ingat, olahraga ringan dahulu, tidak ngos-ngosan saat traveling kemudian!

2. Sesuaikan Tempat Wisata Dengan Kondisi Fisikmu

Foto oleh nappy dari Pexels

Tidak jarang hal ini sering disepelekan. Bagaimanapun, pemilihan tempat wisata bakal memengaruhi kinerja stamina kamu di sana. Jika kamu punya riwayat penyakit pernafasan seperti asma, maka hindari tempat wisata yang dingin atau berdebu. Atau jika kamu alergi terhadap air garam, maka hindari tempat wisata di pinggir pantai.

3 Kelola Stress

Foto oleh Daniel Reche dari Pexels

Selanjutnya dari persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum traveling adalah kelola stres dengan baik. Orang dewasa, remaja, bahkan anak mampu merasa stres dari waktu ke waktu. Biasanya, efek stres yang cukup sering terjadi ialah gangguan kecemasan, sulit tidur, atau mengalami gangguan makan.

Hal-hal tersebut bisa saja memengaruhi kondisi fisik. Jangan sampai momen traveling kamu nantinya akan terganggu bila stres tidak dikendalikan. Ketahuilah cara-cara yang tepat untuk mengatasi stres berlebih. Bila perlu, konsultasi dengan psikolog.

Baca juga Post-Holiday Blues: Merasa Sedih Usai Liburan

4. Banyak Minum Air Putih

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Tips ampuh dan tentunya bermanfaat bagi persiapan fisikmu adalah minum banyak air putih. Air putih berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan mencegah dehidrasi, terutama jika kamu melakukan traveling di musim panas dimana suhu cuaca cenderung meningkat. Jika tubuh mendapat cukup cairan maka kamu akan terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga Perhatikan 5 Hal Ini Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Traveling

5. Istirahat Yang Cukup

Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Jangan sampai momen serumu saat traveling berubah menjadi momen rehat atau istirahat, jangan terbalik. Nikmati momen traveling dengan beristirahat cukup sebelum traveling. Walaupun beberapa dari kamu mungkin berencana untuk beristirahat ditempat traveling, tetap pastikan fisikmu siap dengan berisitirahat cukup sebelum traveling.

6. Makan-Makanan Yang Sehat

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Perlu tenaga dan kondisi fisik fit saat traveling nanti? Makan-makanan sehatlah wahai anak muda, jangan lupa. Makanan sehat semacam buah dan sayuran akan menunjang ketahanan fisikmu sebelum traveling, jika memungkinkan, lanjutkan makan-makanan sehat ini juga saat traveling untuk menjamin kesehatanmu di negeri orang.

Itulah dia 6 hal yang dapat kamu lakukan dalam rangka persiapan fisik sebelum traveling, jangan lupa dicatat dan cuss jalankan beberapa hari sebelum kamu traveling.

Selain persiapan fisik, rute wisata juga perlu dipersiapkan agar travelingmu lebih seru dan terencana. Menyusun rute wisata di Bali udah gak perlu bingung-bingung lagi, konsultasikan saja dengan Backpack Buddy. Klik disini untuk mendapatkan kontak kami yaa!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

2 thoughts on “6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Persiapan Fisik Sebelum Traveling”

  1. Pingback: 9 Tips Untuk Mempermudah Traveling Dengan Asma

  2. Pingback: Beberapa Tips Menghindari Hipotermia Bagi Traveler

Leave a Comment

Related Posts