6 Tradisi Menarik di Bali

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Bali tentunya sudah sangat dikenal oleh berbagai orang. Kepopuleran Bali tentunya didapat dengan berbagai alasan, salah satunya adalah keindahan yang dimiliki oleh Bali sehingga ada banyak wisatawan dari berbagai tempat berbondong-bondong datang ke Bali untuk menyaksikan langsung keindahannya. Akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa Bali tak hanya memiliki daya tarik dari alamnya saja melainkan juga dari kebudayaan dan tradisi mereka yang cukup menarik. Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Upacara Melasti

Tradisi menarik pertama yang bisa kalian lihat di Bali adalah Melasti. Upacara Melasti merupakan upacara yang kerap dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan untuk menyucikan diri dalam rangka menyambut hari raya Nyepi. Upacara ini diadakan satu kali setiap tahunnya oleh seluruh umat Hindu di Bali.

2. Ngaben

Tradi selanjutnya adalah Ngaben. Upacara Ngaben ini biasanya dilakukan hanya oleh pemeluk agama Hindu di Bali. Upacara Ngaben ini merupakan upacara umat Hindu yang dilakukan untuk orang meninggal dengan tujuan untuk mengantar kepergian jenazah tersebut. Bagi umat Hindu di Bali upacara ini merupakan upacara yang sakral.

3. Pawai Ogoh-Ogoh

Tradisi menarik berikutnya yang dapat kalian saksikan di Bali adalah pawai Ogoh-Ogoh. Pawai ini hanya berlangsung sekali dalam setiap tahunnya sehingga kalian tidak bisa melihatnya secara terus-menerus. Pawai ini biasanya dilakukan sehari sebelum hari raya Nyepi.

4. Tradisi Mekare-Kare

Tradisi lainnya yang tak kalah menarik adalah tradisi Mekare-Kare. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi unik yang biasanya dilakukan di Karangasem, tepatnya di desa Tenganan. Tradisi ini dikenal juga dengan tradisi perang pandan, dimana dua orang saling berhadap-hadapan sambil memegang segepok pandan berduri sebagai senjata mereka.

5. Omed-Omedan

Omed-omedan merupakan salah satu tradisi unik yang tak kalah menariknya di Bali. Tradisi ini hanya bisa kalian saksikan setahun sekali di daerah Denpasar, tepatnya di banjar Kaja, Sesetan, Denpasar, Bali. Tradisi ini hanya diikuti oleh para muda-mudi di desa yang belum menikah dan digelarnya tradisi ini yaitu sebagai wujud rasa syukur setelah pelaksanaan Nyepi.

6. Tradisi Mekotek

Tradisi terakhi yang tak kalah menarik dan hanya akan kalian temukan di Bali adalah tradisi Mekotek. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk menolak bala agar dapat melindungi dari berbagai penyakit serta memohon keselamatan. Tradisi Mekotek ini hanya dapat kalian temukan di desa Munggu setiap 6 bulan (210 hari) sekali.

Baca Juga 6 Hal Unik Yang Hanya Ada di Bali

Itulah beberapa tradisi unik dan menarik yang ada di Bali. Bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai Bali dan seputarnya atau ingin berkonsultasi mengenai liburan kalian, silahkan hubungi admin di sini ya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Related Posts