7 Objek Wisata Terbaik yang Ada di Karangasem

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Berwisata ke Bali biasanya identik dengan menghabiskan waktu di Kuta dan sekitarnya. Kawasan pantai Kuta yang strategis banyak dipilih karena lokasinya yang strategis dan dekat kemana-mana. Selain itu, kawasan kuta juga punya fasilitas pariwisata yang lengkap dan jarang dimiliki beberapa kawasan wisata lainnya, akan tetapi hal itulah yang kadang membuat perjalanan wisata kita jadi monoton dan hanya itu-itu saja. 

Oleh karena itu, hari ini backpack buddy akan memberikan rekomendasi tempat wisata yang anti mainstream dan layak dikunjungi ketika berlibur. 

Hari ini Backpack buddy akan membahas Kabupaten Karangasem dan objek-objek wisata yang kabupaten paling timur Bali ini miliki. Sebagai daerah tujuan wisata yang terbilang baru mulai dikembangkan, Kabupaten Karangasem terbilang memiliki sejumlah objek wisata yang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Keberagaman objek wisata yang ada di Kabupaten Karangasem bisa menjadi titik awal untuk mulai mencari tahu lebih banyak mengenai objek-objek wisata yang ada di sana. Berikut backpack buddy sajikan beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Karangasem. 

1. Taman Ujung Soekasada

Sumber: https://www.nusabali.com/

Taman Ujung Soekasada adalah sebuah taman vintage peninggalan kerajaan di Bali. di masa lalu, taman ini mengalami kerusakan pernah mengalami kerusakan parah ketika gunung agung mengalami erupsi. 

Terletak di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Bali. Taman ini menjadi taman atau objek wisata yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke karangasem, selain akan mendapatkan foto-foto yang instagramable kamu juga bisa belajar mengenai sejarah bangunan dan sejarah kerajaan yang ada di karangasem. 

Baca juga: Wisata Sejarah di Bali Timur dan Lakukan 5 Hal Ini Agar Mudah Berbaur dengan Penduduk Lokal Saat Traveling

2. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang terletak di puncak Gunung Lempuyang, atau puncak Bukit Bisbis.

Untuk sampai ke pura Lempuyang kamu harus menaiki 1.700 anak tangga. Pura ini sendiri berada di ketinggian 1.100 mdpl dan mempunyai udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa menyaksikan pemandangan megah Gunung Agung. Pura Lempuyang masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Jika ingin berkunjung ke sana, ada baiknya pengunjung menjaga sopan santun dan menaati aturan.

Mengunjungi Pura Lempuyang dan berfoto di gapura yang mempunyai latar gunung Agung merupakan tradisi yang wisatawan sering lakukan, oleh karena itu, mengunjungi Pura Lempuyang kami tempatkan di list nomor dua pada daftar rekomendasi ini. 

3. Taman Edelweis

Taman Edelweiss ini merupakan taman yang sedang hits di Bali. pemandangan bunga-bunga yang memanjakan mata membuat taman ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal atau mancanegara. 

sumber: https://www.edoo.id/

Kelebihan taman ini adalah suasananya yang sejuk dan kawasannya yang asri serta taman ini juga mempunyai berbagai spot foto yang menarik. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan taman ini jika ada keinginan untuk menjelajahi karangasem. 

4. Desa Tenganan Pegringsingan

Salah satu desa adat sekaligus desa wisata yang sangat patut kamu kunjungi untuk mengenal tradisi dan budaya Bali.

sumber: https://www.edoo.id/

Desa ini terletak di Kecamatan Manggis, Desa Tenganan merupakan desa Bali Mula yang masih mempertahankan rumah dan adat yang sudah ada sejak dulu kala. Ketaatan tersebut didasari pada aturan adat yang sangat kuat yang disebut dengan awig-awig. Aturan tersebut sudah ada sejak abad ke-11, dan diperbaharui pada 1842.

5. Taman Tirta Gangga

Objek wisata ini terletak di Desa Ababi di Kecamatan Abang. Objek wisata seluas 1,2 hektar ini menawarkan pemandangan yang indah. Selain itu, taman tirta gangga juga memiliki banyak  yang tersebar hampir di mana-mana, juga terdapat kolam dengan pijakan kaki yang bisa membuat pengunjung bisa berjalan-jalan di tengah kolam. 

Sumber: https://idetrips.com/

6. Museum Lontar

Museum Lontar terletak di desa adat Dukuh Penaban di Kecamatan Karangasem. Jika ingin melihat catatan yang berusia ratusan tahun, museum ini juga menyimpan banyak catatan kuno yang ditulis dengan daun lontar kering.

https://idetrips.com/

Museum ini merupakan lorong waktu yang bisa membawamu ke masa lalu dengan catatan sejarah pada daun lontar yang terawat dengan baik di museum ini. 

7. Pura Besakih

Pura ini merupakan pura terbesar di Bali.

sumber; https://jejakpiknik.com/

Pura Agung Besakih berlokasi di lereng Gunung Agung. Tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang. Komplek pura megah tersebut terdiri dari Pura Penataran Agung Besakih dan 18 pura pendamping yang mengelilinginya. Pada 1963, komplek pura sempat hancur karena erupsi Gunung Agung. Namun kini pura sudah direnovasi total dan tidak pernah terdampak erupsi kembali.

Pura Besakih bisa menjadi alternatif yang bisa kamu kunjungi untuk mengenal Bali secara utuh. Oleh sebab itu,  sempatkanlah berkunjung ke Pura ini. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Karangasem jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai bali dan semua yang ada di dalamnya. Kamu bisa cek rekomendasi rute di Karangasem di website Backpackbuddy. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan kami untuk rekomendasi trip kamu ke Karangasem. Klik link ini

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

1 thought on “7 Objek Wisata Terbaik yang Ada di Karangasem”

  1. Pingback: Pantai Terbaik yang Ada di Karangasem | Backpack Buddy

Leave a Comment

Related Posts