7 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Bund, berwisata saat sedang hamil tentu boleh-boleh saja, berikut beberapa tips yang mungkin akan membantu.

Bunda, masa kehamilan tentu harus dijaga dengan sangat hati-hati, namun bukan berarti mereka yang sedang mengandung ini tidak boleh traveling, lho.

Traveling yang telah menjadi salah satu gaya hidup ini sah sah saja dijalankan oleh ibu yang sedang mengandung. Walaupun pada faktanya ibu yang sedang hamil tidak bisa seleluasa biasanya, namun bukan berarti traveling dilarang sama sekali.

Untuk menunjang kelancaran, kenyamanan dan kemanan ibu hamil saat traveling, berikut 7 tips bagi ibu hamil yang akan traveling mengutip dari What to expect, let’s check it out, bund:

1. Rencanakan traveling di waktu yang tepat

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Aturan secara umum untuk melakukan traveling saat hamil adalah pada trimester kedua (umur kehamilan sekitar 14 sampai 27 minggu) adalah yang terbaik. Bukannya tidak boleh traveling pada waktu lainnya, namun terdapat beberapa pertimbangan tambahan ketika akan traveling di usia kehamilan trimester pertama ataupun ketiga.

2. Cek akomodasi, apakah ada aturan khusus untuk ibu hamil

Foto oleh Jason Toevs dari Pexels

Beberapa perusahaan penerbangan memiliki aturan tentang usia kehamilan yang diperbolehkan untuk naik ke pesawat. Ada baiknya untuk melakukan cek dahulu terhadap akomodasi yang akan digunakan.

3. Pilih destinasi yang sesuai

Foto oleh Jonathan Borba dari Pexels

Memilih destinasi yang sesuai untuk ibu hamil akan menunjang kenyamanan. Tempat dengan suhu ekstrem terutama panas, sangat tidak disarankan karena tubuh ibu hamil akan lebih sulit untuk beradaptasi. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah memerlukan vaksinasi tambahan jika pergi ke destinasi tujuanmu (misalnya vaksinasi zika dan sebagainya).

Baca juga Traveling Bersama Bayi Tidak Harus Menakutkan Asal Memperhatikan 9 Hal Ini

4. Rencankanlah perjalanan yang membuatmu relaks

Foto oleh Jonathan Borba dari Pexels

Merencanakan perjalanan yang membuat relaks seperti shopping, piknik atau melihat-lihat saja lebih disarankan bagi ibu hamil dibandingkan traveling yang berpindah-pindah dalam waktu singkat.

5. Sediakan medical backup

Menyediakan medical backup atau sekadar mencari tahu nama dan profil dokter obgyn terdekat dengan tempat tujuan untuk langkah pencegahan ketika dibutuhkan nantinya merupakan langkah tepat yang sangat direkomendasikan. Dengan bantuan internet atau mungkin layanan resmi pemerintah, menemukan informasi dokter tentu sudah tidak sulit.

6. Jangan lupa untuk berdiri dan peregangan

Foto oleh Negative Space dari Pexels

Ibu hamil berisiko lebih tinggi untuk mengalami penggumpalan darah, jadi disarankan untuk menghindari duduk diam dalam waktu yang lama. Gunakanlah pakaian yang longgar dan lakukan peregangan di sela-sela waktu duduk akan membantu darah mengalir dengan baik.

7. Usahakan membawa barang bawaan yang ringan

Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels

Membawa koper yang bisa ditarik dan ringan akan membantu ibu hamil untuk lebih menikmati perjalanan tanpa kesulitan untuk membawa barangnya.

Jadi, itu yaa bund tips-tips untuk ibu hamil yang ingin traveling, jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri dan bayi, selamat traveling!

Selain tips-tips diatas, Backpack Buddy siap kok menjadi tempat konsultasi rute wisatamu, klik disini dan mulai konsul dengan kami yaa!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Leave a Comment

Related Posts