9 Tips Untuk Mempermudah Traveling Dengan Asma

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Menurut laporan WHO (World Health Organization) yang tertera di Infodatin Asma milik Kemenkes, sekitar 235 Juta orang di dunia menderita asma. Asma yang merupakan penyakit kronis dimana kondisi saluran udara paru-paru meradang dan juga menyempit.

Walaupun dalam kondisi yang kurang prima untuk traveling, bukan berarti orang yang menderita asma tidak bisa traveling lho!

Berikut Backpack Buddy berikan 9 tips bagi penderita asma untuk mempermudah traveling:

1. Memilih destinasi yang sesuai

Foto oleh Leah Kelley dari Pexels

Menjadi orang yang penuh straegi dibutuhkan dalam kondisi ini. Pertimbangkan bahwa asmamu akan kambuh ketika kamu berkunjung ke beberapa tempat yang terdapat pemicu asma, maka jangan pilih destinasi tersebut untuk dikunjungi.

Menjadi orang yang penuh strategi dalam hal ini akan membantu meningkatkan kesehatan dan keseruan selama perjalananmu.

2. Tetap berpegang pada rencana perawatanmu

Asma biasanya dapat ditangani dengan obat sehari-hari dan inhaler penyelamat. Jika kamu masih mengalami gejala  meskipun telah mengikuti rencana perawatan, kamu mungkin perlu mengevaluasinya kembali dengan doktermu. Cara terbaik untuk tetap sehat selama perjalanan adalah menjadi sehat dan bersiap sebaik mungkin sebelum kamu pergi.

3. Sebelum berangkat, temui doktermu

Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Sebelum kamu berangkat, buatlah jadwal check-up dengan doktermu. Biasanya dokter akan memberikan anjuran-anjuran yang tentunya dapat kamu manfaatkan sebagai suatu panduan kesehatan saaat traveling nantinya. Hal ini berguna untuk meminimalisir risiko kesehatan selama kamu traveling nantinya.

Baca juga 6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Persiapan Fisik Sebelum Traveling

4. Cek kebijakan terkait alergi

Misalnya kamu traveling menggunakan pesawat, kereta ataupun bus, selalu tanyakan perusahaan penyedia jasa tersebut beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah hewan diperbolehkan naik? Jika diperbolehkan, apakah saya dapat ditempatkan beberapa kursi lebih jauh?
  • Apakah disini menyediakan makanan yang aman bagi penderita alergi? Jika tidak, apakah saya boleh membawa makanan sendiri?
  • Apakah merokok diperbolehkan? Apakah ada section khusus yang bebas rokok yang bisa dipesan?

Menggunakan waktu beberapa menitmu untuk bertanya pertanyaan sederhana tersebut bisa membuat perbedaan yang sangat besar pada kenyamanan dan keselamatanmu selama perjalanan.

5. Jangan lupa masukkan obat-obatan dan alat-alat kedalam tas

Foto oleh Roger Brown dari Pexels

Adalah hal vital untuk ingat mengepak obat-obatan dan alat-alat khususmu. Jangan sampai saking asiknya menyiapkan pakaian dan kamera untuk traveling, sampai lupa akan benda vital.

Bawalah obat-obatan dan alat-alatmu didalam tas yang kamu gendong atau bawa selalu agar lebih mudah mengambilnya seandainya dibutuhkan mendadak.

6. Pesan penginapan yang melarang merokok dan membawa hewan

Saat memesan penginapan, pastikan terbebas dari asap rokok dan hewan. Dua hal tersebut seringkali menjadi pemicu asma, walaupun tidak selalu. Ada baiknya untuk menghindari dua hal tersebut untuk meminimalisir risiko kesehatanmu.

Baca juga 5 Kesalahan Sepele Saat Memesan Hotel

7. Ketahui rumah sakit terdekat beserta nomor teleponnya

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat dengan tempatmu tinggal saat traveling. Buatlah suatu scenario keadaan kegawatdaruratan dan pikirkan bagaimana caramu untuk sampai di rumah sakit tersebut. Internet sangat membantu dalam hal ini, dengan beberapa klik saja, informasi rumah sakit terdekat beserta rutenya bisa didapatkan.

8. Pelajari menu yang akan kamu santap

Jika kamu memiliki alergi pada makanan, pastikan makanan yang akan kamu santap di pesawat, restaurant, dan dimanapun aman buatmu. Jika kamu merasa kurang yakin dengan komposisi makanannya, tanyakanlah pada  penyedia makanannya, mereka pasti akan memaklumimu.

9. Periksa laporan kualitas udara

Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels

Banyak penderita asma yang dipicu oleh kualitas udara yang rendah dan polusi udara. Pertimbangkan ini dalam perencanaanmu

Itu dia tadi 9 tips yang dapat mempermudah penderita asma untuk tetap bisa traveling dengan aman dan menyenangkan. Tips berikut bukan merupakan anjuran kesehatan yaa teman-tman Backpack Buddy, apabila memerlukan informasi yang lebih detail, silakan hubungi dokter atau fasilitas kesehatan.

Selain tips memudahkan diatas, Backpack Buddy juga dapat membantu memudahkanmu menentukan rute wisata lho!

Konsultasikan rute wisatamu dengan kami, dijamin tepat, cepat dan tentunya seru. Klik disini untuk mendapatkan kontak kami yaa!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Leave a Comment

Related Posts