Air Terjun Leke-leke, Keindahan tersembunyi di Tabanan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Air terjun Leke-leke, sering terlihat di postingan Instagram tentang air terjun tersembunyi di hutan. Karena penasaran dengan air terjun tersebut, aku memutuskan untuk mengunjunginya.

Air terjun Leke-leke terletak di Desa Antapan, Baturiti, Tabanan. Daerah ini berbatasan langsung dengan Desa Sulangai, Badung. Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Kipuan Kebo karena jaman dulu digunakan sebagai tempat kerbau minum air.

Air Terjun Leke-Leke

Saat menuju lokasi kalian akan melewati jalan pedesaan dan jalan kecil berliku. Tidak masalah jika kalian menggunakan sepeda motor namun kalian yang mengendarai mobil harus hati-hati dengan jalan kecil ini.

Tiket masuk Rp. 25.000 perorang dan gratis untuk anak kecil. Setelah pintu masuk kalian akan menuju area restoran dan photo spot. Disini ada petugas yang akan mengecek kembali tiket kalian. Photo spot disini cukup banyak untuk di explore. Namun bisa kalian lakukan setelah kembali dari air terjun.

Perjalanan menuju air terjun sekitar 15 menit dengan jalanan cenderung menurun. Pemandangan hutan masih terasa disini. Berbeda dengan air terjun di Tegenungan yang sudah dibangun cafe dan toko sovenir, di Leke-leke masih sangat alami. Kalian akan melewati jembatan bambu untuk menyebrangi sungai kecil. Ada beberapa pohon buatan yang ditata sedemikian rupa hingga menjadikan perjalanan tidak menjemukan.

Sampailah di air terjunnya. Karakteristik air terjun Leke-leke ini tinggi dengan debit air sedang. Kubangan atau kolamnya tidak besar dan dangkal. Air terjun dengan rimbunan pohon disampingnya dan batu-batu besar membuat air terjun ini tampak cantik.

Air Terjun leke-leke
Suasana masih alami

Jika kalian ingin mandi di sekitar air terjun ada fasilitas untuk ruang ganti yang terbuat dari bambu seadanya. Atau kalian cukup menikmati deburan air terjun dan menghabiskan photo spot yang ada disana.

Tiba saat kalian kembali ke pintu masuk maka kalian harus siapkan tenaga untuk naik keatas. Ada tips biar gak cepat capek kalau balik dari air terjun, yaitu sambil ngobrol, edit foto, dengerin musik atau bercanda barengan rombongan.

Nah, saat kalian ada di area restoran maka kalian bisa menggunakan fasilitas photospot dan beristirahat sambil menyantap makanan di restorannya.

Jika kalian bingung menentukan rute wisata yang searah disini? Kalian bisa konsultasi dengan Alexa disini. Jelajah Bali mulailah dari Backpackbuddy!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

1 thought on “Air Terjun Leke-leke, Keindahan tersembunyi di Tabanan”

  1. Pingback: Tips Memilih Hotel di masa New Normal agar Liburan atau Staycation Aman dan Nyaman – Backpack Buddy

Leave a Comment

Related Posts