Kegiatan-Kegiatan Alternatif yang Bisa Kamu Lakukan selama Liburan Di Bali

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Kegiatan wisata kerap diidentikkan dengan kegiatan hura-hura yang menghabiskan uang. Ada juga yang berpendapat bahwa berwisata merupakan kegiatan yang menghabiskan waktu dan tidak bermanfaat. 

Klaim-klaim tersebut tentu terlalu digeneralisir, karena ternyata tidak semua orang yang berwisata hanya ingin mencari kesenangan semata. Ada juga yang berwisata justru karena ingin menjadi relawan dan melakukan kegiatan sosial. Kegiatan berwisata sejatinya merupakan kegiatan yang fleksibel yang bisa digabungkan dengan kegiatan lain, salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat yang bisa dilakukan salah satunya adalah voluntourism atau volunteer tourism.

Voluntourism dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan pariwisata yang menjadikan aktivitas sosial sebagai agenda utama bagi wisatawan yang melakukannya, atau secara sederhana dapat juga kita sebut “sambil jalan-jalan sekaligus menjadi relawan”.

Kegiatan-kegiatan sosial bisa dilakukan di destinasi wisata yang sedang kita kunjungi, Bentuk kegiatannya bisa berupa kegiatan membersihkan lingkungan, mengajar, membantu masyarakat lokal, bahkan sampai pemberian layanan kesehatan. 

Bali sebagai destinasi wisata andalan indonesia juga mempunyai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan serta kerelawanan, salah satunya bersih bersih pantai yang dilakukan oleh organisasi  Bye Bye Plastic Bags seperti foto di bawah ini: 

Selain itu Bye Bye Plastic Bags, banyak komunitas atau organisasi yang bergerak dibidang lingkungan yang bisa kita ikuti kegiatannya, sebut saja: Ecobali Recycling, zero waste bali, role foundation, malu dong dan sebagainya. 

Baca juga: Makna Tradisi Potong Gigi di Bali

Kegiatan kerelawanan lain yang bisa kamu lakukan adalah menjadi volunteer di sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan dan anak-anak yaitu, Bali Children Foundation.  Mulai tahun 2002, Bali Children Foundation telah bekerja di 76 desa, organisasi ini membantu keluarga-keluarga yang kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, melalui organisasi ini kamu bisa membantu sesama.

ilustrasi

Jadi, kegiatan-kegiatan yang sudah dijelaskan diatas bisa jadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan selama melakukan liburan ke Bali, teman-teman bisa mencari lebih dalam mengenai komunitas-komunitas yang telah disebutkan di atas. Sekarang teman-teman sudah pahamkan bahwa kegiatan berlibur teman-teman bisa menjadi kegiatan positif yang bisa membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan dan sesama. 

itulah kegiatan alternatif yang bisa kamu lakukan selama mengunjungi Bali, jadi sudah paham kan wisata bukan hanya tentang diri sendiri tapi juga bisa melakukan kegiatan wisata sambil membantu orang lain. hubungi kami untuk konsultasi liburanmu dengan klik link ini

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

4 thoughts on “Kegiatan-Kegiatan Alternatif yang Bisa Kamu Lakukan selama Liburan Di Bali”

  1. Pingback: Ingat 6 Hal Ini Saat Berkunjung ke Kebun Binatang

  2. Pingback: Aktivitas di Bali yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Liburanmu Lebih Berkesan dan Mendalam | Backpack Buddy

  3. Pingback: 8 Tempat Glamping Asik di Bali | Backpack Buddy

  4. Pingback: To Do List Wajib Saat Pertama Kali ke Bali | Backpack Buddy

Leave a Comment

Related Posts