Kejahatan Yang Mengintai di Tempat Wisata dan 6 Tips Menghindarinya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Siapa bilang saat berwisata kita tidak perlu waspada, malah kita harus  ekstra waspada karena kejahatan bisa saja sedang mengintai  kita. Apa saja kejahatan yang mengintai di tempat wisata? bagaimana cara menghindarinya?

Kejahatan memang dapat terjadi dimana saja. Kita memang tidak boleh berprasangka buruk, namun tidak ada salahnya untuk berwaspada. Kejahatan tidak jarang terjadi juga ditempat wisata. Penjahat yang melihat peluang bahwa orang yang berwisata cenderung ‘berduit’ dan tingkat kewaspadaannya rendah akan dijadikan mangsa empuk aksi mereka.

Kejahatan yang Mengintai di Tempat Wisata

Berikut kejahatan yang mengintai ditempat wisata yang harus kamu waspadai:

1. Hipnotis

Ilustrasi hipnotis | Foto oleh geralt dari Pixabay

Hipnotis akan membuatmu tidak sadarkan diri dan membuat keputusan yang tidak kamu kehendaki selama sesaat. Modusnya biasa diawali dengan munculnya seorang oknum yang berpura-pura menawarkan dagangannya kepadamu. Awalnya kamu bisa saja diminta untuk mencoba barang dagangan tersebut, namun beberapa saat kemudian oknum tersebut akan menghipnotismu. Alhasil, kamu bersedia untuk membeli seluruh dagangannya dengan harga yang lumayan mahal. Setelah sadar mungkin kamu akan merasa bingung karena tak tahu untuk apa membeli semua barang tersebut.

Baca juga Beberapa Jenis Aplikasi yang Sangat Berguna Untuk Solo Traveling

2. Copet

Ilustrasi copet

Pencopetan dan penjambretan juga tidak jarang terjadi di tempat wisata. Tas yang banyak berisi barang berharga serta tingkat kewaspadaan yang rendah menjadi peluang besar pada pencopet dan penjambret untuk beraksi. Kerumunan yang sesak sangat berpotensi menjadi ‘ladang’ bagi para pencopet dan penjambret, maka dari itu kewaspadaan harus ekstra disaat berada dalam kerumunan.

Tips Mengamankan diri dan Barang Berharga Saat Berwisata

Ada beragam cara untuk mengamankan diri dan barang berharga saat berwisata:

  1. Jangan pamer benda berharga saat ke luar tempat penginapan. Sebaiknya pilah-pilih benda yang akan dibawa dan digunakan, apabila telah memutuskan untuk membawa atau menggunakan barang berharga, maka harus selalu waspada.
  2. Bawa tas di sisi yang aman saat berkendara dengan motor atau berjalan kaki, jangan keluarkan benda berharga jika tak terpaksa.
  3. Jika pilihannya berjalan kaki, pastikan selalu berjalan di sisi dalam trotoar sehingga penjambret dengan sepeda motor kesulitan meraih benda berhargamu.
  4. Sepulang dari tempat wisata ataupun nongkrong di malam hari, cari alat transportasi yang resmi dan terpercaya. Jika terpaksa berjalan kaki, maka usahakan berjalan kaki dengan banyak orang.
  5. Tolak secara halus makanan atau minuman dari orang asing yang kurang dikenal dan dirasa mencurigakan, terutama saat berada di tempat wisata atau nongkrong malam hari.
  6. Hindari berpakaian atau berperilaku yang sekiranya mengundang pelaku kriminal berniat jahat.

Itu dia informasi tentang kejahatan yang mungkin saja mengintai ditempat wisata beserta tips untuk menjaga keamanan dan barang berhargamu. Ada baiknya kita selalu waspada baik saat sedang berwisata ataupun tidak. Stay safe ya teman-teman Backpack Buddy.

Selain harus aman, berwisata juga harus nyaman. Wisata nyaman bisa didapatkan saat kamu memilih tempat wisata yang tepat buatmu, Backpack Buddy bisa jadi teman konsultasi wisata tepat buatmu yang lagi di Bali. Klik disini yaa!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

2 thoughts on “Kejahatan Yang Mengintai di Tempat Wisata dan 6 Tips Menghindarinya”

  1. Pingback: 5 Hal Yang Mungkin Membuat Traveler Boros Saat Traveling

  2. Pingback: Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Solo Traveling | Backpack Buddy

Leave a Comment

Related Posts