Lakukan 5 Hal Ini Agar Mudah Berbaur dengan Penduduk Lokal Saat Traveling

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Berbaur dengan penduduk lokal merupakan hal penting bagi banyak traveler, hal ini dikarenakan mereka ingin merasakan menjadi suatu bagian dari komunitas yang mereka belum pernah masuki dan kenali. Tentu hal tersebut akan membawa segudang pengalaman baru dan memperkaya wawasan.

Maka dari itu, berikut Backpack Buddy rangkumkan 5 hal yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah berbaur dengan penduduk lokal saat traveling

1. Mulailah dengan Senyuman

Foto oleh Ava Motive dari Pexels

Cara agar memberi kesan ramah dan sopan adalah dengan tersenyum. Sederhana saja, berikan senyum yang tulus. Dengan tersenyum kita akan lebih mudah untuk menerima respon positif dari warga lokal, bahkan dengan senyum terkadang kita bisa lebih mudah mendapatkan pertolongan ketika kita membutuhkan bantuan mereka.

2. Belajar Bahasa Penduduk Lokal

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Saat kamu bepergian ke luar daerah ataupun keluar negeri, belajar mempraktikkan bahasa lokal akan membantumu berinteraksi dengan penduduk setempat saat traveling. Kamu tidak perlu menguasai keseluruhan bahasa tapi cobalah mempelajari beberapa frasa yang berguna untuk menyapa penduduk lokal.

Jangan terlalu khawatir dengan aksen bicaramu, karena penduduk lokal pasti akan memaklumi yang seorang pendatang, mereka pasti akan menghargai usahamu untuk berbicara bahasa lokal mereka. Ingat tetap harus dengan sopan yaa.

Baca juga Beberapa Alasan Kenapa Usia 20-an Adalah Saat Yang Paling Tepat Untuk Traveling

3. Gali Informasi Tentang Penduduk Lokal

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Dengan kecanggihan internet, kamu bisa membekali dirimu dengan sepotong dua potong informasi yang berkaitan dengan penduduk lokal daerah tujuan travelingmu. Hal ini menjadi penting karena bisa saja menjadi salah satu topik yang nyambung kamu bicarakan nantinya dengan penduduk lokal.

Jadikan informasi-informasi tersebut sebagai penyambung percakapanmu sekaligus pengetahuan tambahan bagimu.

4. Jalan-jalan Menggunakan Transportasi Umum

Foto oleh Raphael Brasileiro dari Pexels

Selain tarifnya yang sering kali lebih terjangkau, transportasi umum juga memberi kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat saat traveling. Seiring waktu kamu melewati kehidupan sehari-hari di tempat tujuan yang kamu kunjungi, libatkan dirimu dalam percakapan yang bersahabat dengan warga lokal.

Sebagai catatan tambahan, mungkin kamu harus menghindari transportasi umum pada jam sibuk karena bus dan kereta api di beberapa negara cenderung menjadi sangat ramai dan kurang kondusif untuk bercakap saat jam sibuk.

5. Mengunjungi Pasar Lokal

Foto oleh Hugo Heimendinger dari Pexels

Pasar lokal adalah alternatif lain yang bisa kamu eksplor untuk meningkatkan kemampuan berbaurmu dengan penduduk lokal. Pasar lokal akan menjadi tempat yang ramai dan dipenuhi penduduk lokal untuk membeli kebutuhan mereka. Ada begitu banyak keuntungan mengunjungi pasar lokal, termasuk belajar banyak tentang budaya lokal, menemukan beberapa barang asli, dan yang paling penting adalah bisa mengobrol dengan pedagang dan penduduk lokal lainnya di sepanjang jalan. Jangan lupa untuk mencoba makanan ringan dan makanan khas mereka.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah berbaur dengan penduduk lokal saat traveling. Jadi, sudah siapkah teman-teman Backpack Buddy berbaur dengan penduduk lokal saaat traveling?

Sebelum mencoba berbaur dengan penduduk lokal, harus ditentukan dahulu rute mana yang akan diambil dan destinasi mana yang akan dituju. Menentukan rute wisata di Bali kini bisa dibantu oleh Backpack Buddy. Klik disini untuk konsultasikan rute wisatamu!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

3 thoughts on “Lakukan 5 Hal Ini Agar Mudah Berbaur dengan Penduduk Lokal Saat Traveling”

  1. Pingback: Objek Wisata Terbaik yang di Karangasem | Backpack Buddy

  2. Pingback: 5 Desa Bali Aga di Kabupaten Buleleng | Backpack Buddy

  3. Pingback: 4 Manfaat Berinteraksi dengan Penduduk Lokal Saat Berwisata

Leave a Comment

Related Posts