Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Kepada Orang Bali

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Keunikan pulau Dewata sangat terkenal di Indonesia dan mancanegara. Mulai dari agamanya yang mayoritas Hindu, nama orang-orang Bali, sampai adat budaya Bali yang masih sangat kental. Hal unik tersebut membuat orang luar Bali selalu penasaran dengan segala hal berbau Bali. Ada beberapa hal lumrah yang sering ditanyakan kepada orang Bali.

Nama 

Sama halnya seperti orang Batak, orang Bali pun ditandai dengan nama yang khas.

 “Nama kamu pasti ada bali-bali nya gitu ya? Apa sih artinya?” Tidak hanya penamaan yang bergantung dengan sistem kasta seperti Ida Ayu dan Ida bagus untuk kasta Brahmana, Cokorda atau Anak Agung untuk kasta Ksatria, I Gusti untuk Waisa (pedagang), sedangkan untuk Sudra (petani) penamaannya berdasarkan anak keberapa kamu dalam keluarga seperti Putu, Made, Komang, Wayan, Ketut. 

Bakat Menari

Bali terkenal dengan tarian-tarian tradisionalnya, maka tidak heran jika ada orang luar bertanya apakah kamu bisa menarikan tari Bali. 

Tidak hanya acara keagamaan saja yang menampilkan tari-tarian, namun penyambutan tamu khusus di sebuah hotel pun disuguhkan, atau untuk acara-acara lain yang berkaitan dengan pariwisata. Bali terkenal dengan tarian-tarian tradisional yang tidak hanya eksotis namun juga penuh misteri. “Kamu bisa nari? Biasanya nari apa?” Wajar jika akhirnya, kamu yang sebagai perempuan Bali dianggap selalu bisa menari Bali.

Hal Mistis

Mulai dari ritual-ritual keagamaan yang ada sampai tarian tradisionalnya, Bali memang penuh dengan kesan mistis. Salah satu kemistisan Bali yang cukup terkenal itu cerita tentang leak. Tidak heran jika ada beberapa orang menanyakan, “Kamu pernah liat leak gak?” Jadi harus ada yang diluruskan, leak itu sebenarnya bukan hantu. 

Sumber : www.bali7.net

Leak itu perwujudan dari orang yang punya ilmu hitam. Bentuknya bisa bermacam-macam sesuai dengan tingkat ilmu yang dimiliki orang tersebut. Alih-alih mencari wujud leak yang asli dan tidak bisa sembarang orang melihat, wisatawan tetap dapat menemukan atau melihat sosok leak melalui pementasan Calon Arang yaitu cerita rakyat tentang leak dan rangda yang terkenal.

Tempat Wisata

Setiap kabupaten di Bali pasti selalu memiliki destinasi wisata tersendiri, entah itu terkenal dengan pantainya, sawah, pegunungan, tempat penginapan sampai tempat makan yang enak. 

Jika ada orang luar Bali berkunjung atau ingin berkunjung, hal pertama yang selalu ditanyakan,”Tempat wisata yang hits dimana sih? Yang pemandangannya bagus buat foto dimana? Deket gak? Kalau makanan yang halal nyarinya dimana?”

Konsultasi itinerary di Bali dengan kami disini untuk memaksimalkan pengalaman liburanmu.

Baca juga : Trip Itinenary keliling Denpasar ala Backpacker

Mengonsumsi Sapi

“Kamu orang Hindu, kenapa gak boleh makan sapi?,” Dalam agama Hindu, sapi memang salah satu hewan yang dimuliakan.

Pemuliannya pun ada beberapa versi, mulai dari sapi dianggap sebagai salah satu entitas seperti ibu yang wajib dihormati, sampai ke versi sapi harus dihormati karena memberikan segala kebaikan kepada manusia. Meskipun begitu, ada beberapa orang Bali boleh makan sapi, namun untuk alasan tertentu atau khusus.

Nah teman-teman penasaran sama yang mana nih tentang Bali? Apa kalian masih penasaran dengan Bali? Yuk chat sama kami disini 🙂

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Leave a Comment

Related Posts