Post-Holiday Blues: Merasa Sedih Usai Liburan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Baru pulang dari liburan? Bagaimana? Apa berhasil untuk menghilangkan kepenatan selama bekerja? Satu hal yang paling berat untuk dilakukan setelah pulang dari liburan adalah kembali ke rutinitas sehari-hari. Tak jarang seseorang yang baru pulang akan mengalami post-holiday blues.

Post-Holiday Blues

Foto oleh Pham Khoai dari Pexels

Menghabiskan waktu liburan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan bisa membuat siapa saja enggan berpisah dengan masa tersebut. Alhasil, ketika telah usai liburan, seseorang bisa saja mengalami kesulitan untuk kembali memulai aktivitas harian, menjadi malas, dan masih ingin bersenang-senang.  Apakah Kamu termasuk yang sering merasa demikian?

Perasaan “sedih” saat berpisah dengan masa liburan merupakan gejala post-holiday blues. Sering juga disebut post-vacation blues atau post-travel depression. Kondisi tersebut merupakan sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang menyenangkan selama liburan. Pasalnya, otak manusia secara otomatis akan merekam hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan merangsang otak untuk beristirahat.

Dengan kata lain, otak menjadi “kaget” dan belum siap saat harus kembali menyesuaikan dan melakukan aktivitas harian. Gejala yang sering ditunjukkan sebagai tanda post-holiday blues, biasanya bersifat umum dan mirip dengan depresi pada umumnya. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, kesulitan tidur di malam hari alias insomnia, gelisah, hingga penambahan atau penurunan berat badan.

Tidak berlangsung lama

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Biasanya kondisi post-holiday blues ini tidak berlangsung lama, hanya beberapa hari. Namun pada kasus yang parah akan memerlukan beberapa minggu untuk kembali normal. Post-holiday blues ini memang dapat dinyatakan tidak akan berbahaya secara umum, perasaan ini umum dan menghampiri banyak orang.

Untuk mengatasi post-holiday blues sebenarnya tidak diperlukan cara yang special, melainkan cara-cara sederhana yang biasa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan ditambah latihan pernapasan.

Jadi itu dia post-holiday blues, semoga teman-teman Backpack Buddy tetap sehat dan selalu siap kembali beraktivitas walaupun liburan telah usai.

Liburan telah usai, namun bukan berarti kedepannya tidak akan ada liburan lagi bukan?

Rencanakan liburanmu di Bali selanjutnya dengan Backpack Buddy, dijamin kamu bakalan dapet rekomendasi rute wisata yang asik dan menarik. Klik disini dan mulai konsultasikan ruute wisatamu dengan kami.

Baca juga Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

1 thought on “Post-Holiday Blues: Merasa Sedih Usai Liburan”

  1. Pingback: 6 Hal Ini Akan Membuat Fisikmu Siap Untuk Traveling

Leave a Comment

Related Posts