Tips Memilih Hotel di masa New Normal agar Liburan atau Staycation Aman dan Nyaman

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

Pergi berlibur menjadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan di situasi pandemi yang masih terjadi di indonesia. Berlibur bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks, sehingga hal ini bisa memicu peningkatan imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Salah satu cara berlibur yang aman untuk dilakukan di tengah pandemi adalah menginap di hotel.

Memilih hotel untuk menginap di masa pandemi berbeda dengan memilih hotel pada kondisi sebelum pandemi covid-19 mewabah di hampir seluruh dunia.  Menginap di hotel juga bisa menjadi solusi bagi seseorang yang mempunyai urusan bisnis di luar kota. Apalagi di masa pandemi  covid-19 seperti sekarang, menginap di hotel atau staycation menjadi alternatif liburan yang dirasa “lebih aman” dibanding mengunjungi tempat wisata yang ramai.

Oleh karena itu, hari ini backpack buddy akan memberikan tips-tips Memilih Hotel di masa Pandemi covid-19 agar Liburan atau Staycation Aman dan Nyaman.  Simak penjabarannya di bawah ini ya!

Pilih Penginapan yang Sudah Mempunyai Sertifikat CHSE  (Cleanness, Healthiness, Safety dan Environment)

Sebelum melakukan pemesanan hotel, kamu bisa memastikan bahwa hotel tersebut sudah mendapatkan sertifikat CHSE. Kamu bisa memastikannya melalui https://chse.kemenparekraf.go.id/ dan memilih desitnasi wisata yang kamu ingin kunjungi. Selain itu, biasanya pengelola yang sudah mempunyai sertifikat CHSE memmebrikan logo CHSE pada produk mereka. 

Hotel yang memiliki sertifikat CHSE telah menerapkan Protokol Kesehatan Corona berupa pemakaian masker di ruang publik, praktik menjaga jarak di area terbuka, penerapan opsi layanan tanpa kontak seperti layanan reservasi, check in, dan pembayaran, serta pemeriksaan suhu, penyediaan alat mencuci tangan, dan pelacakan kontak pengunjung.

Ilustrasi Penerapan CHSE pada hotel
Sumber : Travel Kompas

Memperhatikan  Ventilasi Penginapan yang akan kamu pilih

Memperhatikan Ventilasi penginapan yang akan kamu pilih merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebelum memesan akomodasi. hal yang cukup krusial untuk mengurangi penyebaran virus corona. Sirkulasi udara yang baik berguna agar virus corona tidak menetap dalam satu ruangan, apalagi jika ruangan sempat digunakan orang lain. Jika memungkinkan, pilihlah kamar yang memiliki jendela. Saat kamu masuk kamar, buka dulu jendelanya untuk meningkatkan pertukaran udara dari luar ruangan.

Baca juga : Air Terjun Leke-leke, Keindahan tersembunyi di Tabanan

Menghindari Memakai Layanan Hotel

Menghindari menggunakan layanan hotel seperti spa, layanan pijat, porter, atau valet parking merupakan hal yang bijak untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan layanan-layanan di atas cenderung banyak menggunakan kontak fisik sehingga menyebabkan kemungkinan menularnya virus corona semakin besar. Oleh karena itu,   Sebisa mungkin bawa barang-barangmu sendiri. Tujuannya untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Membawa Perlengkapan Pribadi yang Secukupnya

Menyambung poin nomer 3, membawa perlengkapan pribadi yang secukupnya selama liburan, termasuk saat menginap di hotel merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjangkitnya kamu oleh virus corona. Gunakan perlengkapan pribadi seperti handuk, sandal kamar, atau sikat gigi. Selain itu, Jangan lupa selalu membawa hygiene kit dan masker tambahan. Hygiene kit terdiri dari hand sanitizer, disinfectant spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair. Kamu juga bisa memasukkan vitamin dan obat-obatan pribadi ke dalam daftar bawaanmu.

Pilih hotel yang memiliki area yang luas

Pilihlah penginapan yang memiliki area bangunan yang cukup luas. Area yang luas memungkinkan kamu untuk saling menjaga jarak satu sama lain. Selain itu, hotel dengan area terbuka yang luas tentu akan lebih bagus lagi. Area terbuka yang luas seperti taman pastinya akan bikin kamu makin betah, sirkulasi udara pun akan semakin baik.

Masih bingung menentukan hotel yang pas untuk kalian saat liburan? Yuk tanya kami disini…

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
Share on pocket

3 thoughts on “Tips Memilih Hotel di masa New Normal agar Liburan atau Staycation Aman dan Nyaman”

  1. Pingback: Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental | Backpack Buddy

  2. Pingback: Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Lingkungan Saat Liburan | Backpack Buddy

  3. Pingback: Bedanya Vacation dan Staycation

Leave a Comment

Related Posts